silahkan singgah... semoga nyaman...

Counters

Saturday, March 21, 2009

BENARKAH minum ES saat HAID menyebabkan KANKER?

KHUSUS PEREMPUAN:
Wkt haid, JGN MINUM ES.
riset mbktikn hal ni
mybbkn drh haid tsisa
ddinding rhim,
stl 5-10th bs
mybbkn kista&KANKER
RAHIM.
Sbrkan if u care...


Jika ditulis dalam bahasa non-SMS, isinya sebagai berikut:

KHUSUS PEREMPUAN: waktu haid, JANGAN MINUM ES. Riset membuktikan hal ini menyebabkan darah haid tersisa di dinding rahim, setelah 5-10 tahun bisa menyebabkan kista dan KANKER RAHIM. Sebarkan if you care...



Mungkin ada beberapa diantara kalian yang juga pernah menerima SMS yang kurang lebih sama. Pesan singkat tersebut saya terima dari seorang kawan lama beberapa bulan lalu. Singkat, jelas, informatif dan cukup membuat saya ngeri. Padahal belakangan juga tersebar isu bahwa pembalut dapat memicu kanker rahim. Gila ya, jadi perempuan banyak banget resikonya.

And because I care, I straightaway forwarded that message to some friends at a time..

Sebagai manifestasi kepedulian yang lebih besar, maka disini saya bermaksud membaginya dengan teman-teman (terutama) kaum perempuan. Sebelumnya untuk lebih meyakinkan isu tersebut, saya kemudian search artikel-artikel lewat Google sampai pegel (accidentally make a funny rhyme^^) yang berkaitan, dengan tujuan menguatkan fakta tersebut.

Berdasar sumber yang saya baca di www.menstruasi.com, saya kemudian dapat dengan yakin menyimpulkan bahwa secara medis tidak benar bahwa proses pembekuan darah menstruasi dapat terjadi hanya karena suhu air dingin yang kita minum. Ternyata ada beberapa hal yang perlu kita cermati dari pernyataan diatas tersebut.

Penjelasannya adalah, perhatikan kalimat berikut:

"waktu haid, JANGAN MINUM ES"

Haid atau menstruasi berhubungan dengan sistem reproduksi, sedang minum es atau mengkonsumsi minuman berhubungan dengan sistem pencernaan. Dua sistem tubuh yang berbeda tersebut sebenarnya secara langsung tidak dapat saling mempengaruhi satu sama lain. Saat kita mengkonsumsi sesuatu, apapun itu, asupan yang masuk melalui mulut tersebut pasti akan mengalami penyesuaian suhu terhadap tubuh kita selama proses pencernaan berlangsung, mulai dari masuk lewat mulut hingga penyerapan asupan di lambung, bahkan sampai nanti dikeluarkan. Sehingga tidak bisa dikatakan benar bahwa suhu air dingin yang diminum bertanggung jawab terhadap membeku dan mengendapnya darah pada dinding rahim.

Fuih, that's relieving...

Namun bukan berarti penjelasan tersebut lantas membolehkan perempuan mengkonsumsi es berlebihan saat haid. Bagaimanapun, yang saya yakini adalah, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik..

Sebagai kaum hawa, kita memang harus tahu dan peka terhadap masalah yang berhubungan dengan sistem reproduksi. Namun juga jangan keburu panik terhadap informasi yang belum pasti kebenarannya.

Semoga posting ini bermanfaat...

Last but not least.. If do care and concern about women's reproductivity health, please let your friend know about this information. Cheers^^

2 comments:

Bocah Edan said...

ini pendapat anda pribadi atau pendapat ahli ? di depan anda sebutkan "hanya" masalah minum air es...di belakang anda sebutkan "jika berlebihan"...anda tidak konsisten dan pendapat anda sangat berbahaya

adinda putri s. said...

Banyak yang mempercayai mitos yang telah lama beredar di masyarakat ini walaupun sebenernya menurut kolonel Dr Frits Max Rumintjap,SPoG(K) yang diutip dari wolipop bahwa minum es sedang haid tidak ada hubungannya sama sekali dengan kemunculan kista pada ovarium. Minum es hanya akan mempengaruhi daya tahan tubuh, kerongongan dan masuk angin. Bahkan mitos minum-minuman dingin saat haid menyebabkan kista juga dibantah oleh Dr.Prima Progestian,SPoG,CH,CHt yang menyatakan itu merupakan mitos yang tidak benar. Kista terbentuk karena ketidakseimbangan hormon, antara estrogen dan progesteron.