silahkan singgah... semoga nyaman...

Counters

Wednesday, August 5, 2009

for my brother in distance

Foto diatas diambil di Prambanan kurang lebih 15 tahun yang lalu. Paling kanan adalah ibu saya, sebelah kiri ibu adalah kakak saya satu-satunya, Mas Indra, lalu saya, ayah saya dan paling kiri adalah adik saya satu-satunya, Pondra.

Ferrial Pondrafi nama lengkap adik saya. Nama 'Ferrial' berarti lahir di bulan Februari. Sedang 'Pondrafi', kebanyakan orang mengira diambil dari nama pemain sinetron yang juga putra mahkota Pura Mangkunegaran Solo, Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, padahal disebut demikian karena lahir pada Sabtu Pon. Dan biar terkesan modern alhasil jadilah namanya Pondrafi, supaya terdengar seperti Bonjovi. Dan memang, satu-satunya anggota keluarga kami yang menunjukkan bakat dalam hal musik ya cuma adik saya ini.

Saya dan adik saya, Pondra, memiliki karakter yang berbeda, seperti hitam dan putih (dan memang warna kulit kami sebeda itu), atau seperti air dan api (dimana dia cenderung menjadi air daripada api). Ia memiliki kulit yang putih, rupawan mirip blasteran Jerman, rendah hati dan berakhlak baik. Dia pintar, selalu beruntung, punya banyak teman dan berjiwa sosial tinggi. Sedang karakteristik saya adalah karakter dia jika diputar 249 derajat. hehe.. Namun, meskipun saya tidak punya lemari yang penuh dengan buku-buku pengembangan diri yang membuat dia menjadi wiseman atau tidak pernah mendapatkan beasiswa saat kuliah seperti dia, saya tidak pernah merasa iri padanya. Saya justru ikut bangga dengan segala keberhasilan dan keberuntungannya. Sebab biar bagaimanapun dia adalah adik saya satu-satunya.

Mungkin sudah digariskan demikian bahwa dia mewarisi sifat-sifat baik dari keluarga saya. Sedang sifat jahat dan kebiasaan buruk keluarga justru melekat dengan sukses pada saya. Tapi satu hal yang membuat saya bangga dengan keluarga saya, bahwa seperti apapun diri kita, keluarga adalah satu-satunya tempat yang bisa menerima kita apa adanya. Sebab keluarga adalah tempat kita pulang saat kita telah lelah berjalan. Jika meminjam istilah dari cerita animasi 'Lilo and Stitch' tentang arti keluarga yaitu 'family means no one gets left behind'. Sebab saat salah satu anggota keluarga terpisah raga, rasanya jiwa juga ikut terpisah.

Malam ini saya mendapat balasan email dari Pondra yang saat ini sedang terpisah dengan keluarga. Ia sedang berada di Megelang untuk menyelesaikan tugas magang nya.

Subject: Surat Untuk Keluarga
Date : Wed, 8/5/09 9:06

Trims ya mbak foto-fotonya, aku jadi serasa pengen pulang.
sebenarnya banyak sekali cerita dan pelajaran yang bisa diambil pas di Magelang. kalo aku ceritakan lewat e-mail ini, mungkin terlalu banyak.. he3x
ngomong-ngomong ini ada sedikit tulisan yang aku tulis saat aku berada di magelang. tulisan ini aku persembahkan untuk keluarga tercinta di rumah, yang selalu memberikan cinta dan kasih sayang kepadaku dimanapun aku berada..
===
ini pertama kalinya aku menulis sebuah surat untuk keluarga di rumah.. mungkin ini terdengar berlebihan, namun melalui surat ini aku dapat lebih leluasa untuk mencurahkan isi hatiku.
sebenarnya, banyak sekali pelajaran yang selama ini aku dapatkan selama berada di Magelang. selama di Magelang, aku mendapatkan sebuah pelajaran yang berharga yang belum pernah aku dapatkan sebelumnya di rumah. terutama sebuah pelajaran akan arti pentingnya sebuah keluarga. keluarga yang selalu ada saat aku butuh.. keluarga yang selalu memberi perlindungan, dan keluarga yang selalu memberikan kehangatan atas dinginnya malam.
di Magelang, aku merasakan betapa sepinya saat tidak ada keluarga yang menemani. aku belajar bahwa keluarga adalah tempat yang selalu menerima kita apa adanya, tempat yang selalu memberikan keamanan dan kasih sayang tulus yang sebenarnya. keluarga adalah temnpat yang memberikan banyak sekali pelajaran kehidupan dan memberikan makna akan indanya sebuah kehidupan.
dari sinilah aku akhirnya sadar bahwa selama ini aku telah mendapatkan keluarga yang sangat-sangat hebat yang selalu mencintaiku apa adanya. aku mungkin terlalu sibuk dengan urusanku sendiri, hingga akhirnya akupun selalu lupa untuk mengungkapkan rasa terima kasihku kepada keluargaku. mungkin selama ini aku malu untuk mengucapkan 'terima kasih', kepada Ibu, Bapak, Simbah, Mbak Lissa, Mas Indra saat aku berada di rumah. maka dari itu, melaui surat ini, aku ingin sekali mengucapkan TERIMA KASIH atas semua hal yang telah kalian berikan kepadaku. Terima Kasih atas cinta, pengorbanan, dan kebaikan yang selalu kalian berikan kepadaku dimanapun aku berada.
selain itu aku juga ingin mengucapkan bahwa aku sangat-sangat mencintai kalian, kata yang belum pernah aku ucapkan sebelumnya saat aku berada di rumah.. aku sangat bersyukur karena menjadi bagian dari keluarga ini. aku sangat bangga dengan keluarga ini dan aku percaya bahwa keluarga inilah keluarga yang terbaik di dunia..
banyak sekali pelajaran dan kenangan yang aku dapatkan dari keluarga ini. banyak sekali kasih sayang dan cinta yang aku dapatkan dari keluarga ini, dan banyak sekali keindahan yang aku temukan dalam keluarga ini..
saat menulis tulisan ini, ingin rasanya aku berada di rumah bersama dengan kalian. namun aku belum bisa pulang sekarang. mungkin beberapa hari lagi aku akan pulang ke rumah dan bersama dengan kalian lagi..
sekali lagi..
TERIMA KASIH
Ibu, Bapak, Simbah, Mbak Lissa, Mas Indra..
aku mencintai kalian semua!!!
Ferrial Pondrafi
Magelang
(sambil terisak-isak dan mendengarkan lagu Dark Blue dan Rescued dari Jack's Mannequin)
Email yang sungguh menyentuh. Menyegarkan kembali ingatan saya tentang masa-masa yang telah kami lalui bersama. Menyadarkan akan satu pelajaran berharga bahwa kita biasanya jarang menyadari apa yang kita punya sampai kita kehilangan.

"May Allah bless you, brother..."

Februari 1991, tepatnya saat ulang tahun Pondra yang ke 3
sekaligus perayaan ulang tahun saya dan kakak yang telah lewat satu dan dua bulan sebelumnya

22 comments:

-3- said...

wew ... magelang ? gak jauh2 banget tuh dari Purworejo .

Ferrial Pondrafi said...

trims ya mbak.. inilah tulisan terbaik yang pernah aku baca selama aku hidup.. jujur, saat membaca tulisan ini aku sampai menangis di depan layar komputer..

sebenarnya, Mbak Lissa lah seseorang yang selalu memberikan kekuatan dan inspirasi kepadaku. Mbak Lissa lah guru kehidupan yang selalu membimbing jalanku, dan Mbak Lissa lah seseorang yang selalu mengangkatku saat aku jatuh..

aku sangat bangga memiliki kakak seperti Mbak Lissa. kakak yang selalu ada di saat aku butuh.. dan kakak yang menyayangiku dengan sangat tulus..

menurutku, Mbak Lissa lah sebenarnya yang menjadi air di dalam keluarga.. karena Mbak Lissa selalu dapat memberikan kesejukan di dalam keluarga.. Mbak Lissa dapat menyegarkan kembali perasaan-perasaan panas yang mungkin terjadi di dalam keluarga.. dan Mbak Lissa lah yang selalu menyirami benih-benih cinta di dalam keluarga sehingga keluarga kita menjadi sangat erat dan bermakna..

sekali lagi, aku ingin mengucapkan bahwa aku sangat sangat mencintai dan menyayangi Mbak Lissa.. Mbak Lissa lah hal terbaik yang pernah aku dapatkan di dalam kehidupan ini...


thanks for sending me a little rain..
rain that makes the flowers bloom..

Budiawan Hutasoit said...

wah, ternyata sudah ada balasan dari sang adik.
saya sebagai orang luar, senang dan bangga membaca kehangatan keluarga ini..
thanks untuk berbagi...

NURA said...

salam sobat,,wah jadi pingin ke candi prambanan lagi,,melihat foto mba MEL nich.
memang dekat ya mba dari rumah mba Mel?

bayunature said...

happy family, kalimat yg pas untuk anda sekeluarga.

Yunna said...

keluarga memang indah...

kurniawan q said...

mel 15 tahun ya ,benar benar keluarga yang bahagia terimakasih banyak ya semangatnya ^-^

waluyo said...

aku kayaknya pernah membacanya dari bukuya Ash-Shobuni...kalau nggak salah sih

opung chikal said...

.................tp jauh dari jakartaaaaaaa

Seti@wan Dirgant@Ra said...

Wouw aku jadi kangen ama keluarga dikampung setelah membaca postingan ini.

Meilisa Andri said...

Family is a place where we belong, where there is love that's always been enough for us..

I believe that no matter how far things get us wrong, the only place we can go back to make us right is family...

Cause family means everything and without family we are nothing... So love your family honestly...

V3 Alifah said...

bersama keluarga memang hal yang paling indah :) :)

Ponco Susanto said...

Prambanan kapan ya aku bisa kesana lagi wah dah lama kayaknya nih Gimana kabarnya?

OPERA 15 said...

Wah... candi prambanan dekat rumaku tuh... hehehe

S@ndhie said...

Emang Dek Pondrafi di daerah mana di magelangnya...??
Sebentar lg q mau mudik nih ke magelang... sapa tau ntar ktm hihihi...
Dah kangen berat nih ma kluarga d magelang...

genial said...

selamat idul fitri mohon maaf lahir dan batin :)

prafangga permana said...

great family friends
investing-now

Bintang said...

aku terkesan banget baca postingan ini..aku jadi inget diri aku sendiri..yang saat ini jauh dari mamah n sodara2ku di indo..pertama kali dateng kesini..aku masih merasakan enaknya tinggal disini, apalagi disini kan aku tinggal sama suamiku..setelah tahun ketiga dan sampe sekarang..aku udah mulai resah..aku gak bisa lama2 tinggal disini..aku selalu kangen sama mamah n sodara2ku..hampir tiap hari aku bilang ke mereka.."aku kangen n aku pengen pulang..aku gak bisa jauh2 dari kalian...aku butuh kalian..."

Memang jauh sama keluarga tuh gak enak..

Fayza Hiqmah said...

iya..aku juga inget waktu ngekos pas kuliah dulu..jauh dari rumah..gak ada yang masakin..gak ada yang ngertiin keanehan kita..

yah...meskipun seringkali kita jengkel ke keluarga kita, tapi sebenarnya merekalah orang yang paling peduli ke kita..

nice post, Mbak Mel..

salam hangat,
~Fay~

angger prasetyo said...

mempunyai keluarga memang indah.
sekarang aku sekolah di jogja n jauh dari keluargaku disumatra,aku ingin merasakan kehangatan keluarga yang pernah sobat rasakan.andai itu lekas terkabul.amin....
makasih banget ya tulisannya membuat aku juga lebih semangat menjalani hidup.

Kepingan Hati said...

Apa kabar Mba..? lama ndak bersua.., ceritax bagus..aku suka..
Alamat Blog ku skrg diganti : http://.www.nuansahatiku.blogspot.com

job said...

徵信社,尋人,偵探,偵探社,徵才,私家偵探,徵信,徵信社,徵信公司,抓猴,出軌,背叛,婚姻,劈腿,感情,第三者,婚外情,一夜情,小老婆,外遇,商標,市場調查,公平交易法,抓姦,債務,債務協商,應收帳款,詐欺,離婚,監護權,法律諮詢,法律常識,離婚諮詢,找人,追蹤器,GPS,徵信,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信社