silahkan singgah... semoga nyaman...

Counters

Tuesday, February 17, 2009

tanamkan kata positif untuk bahagia

Menanamkan kata positif dalam pikiran, terlebih diucapkan, akan membuat kita jauh lebih tenang dan bahagia ketimbang kata negatif. Karena secara tidak sadar, kata yang kita ucapkan akan mengirim sinyal (positif maupun negatif) ke alam bawah sadar yang berpengaruh terhadap mood kita seharian.

Misalnya, daripada berkata ‘cemburu’ lebih baik ucapkan ‘terinspirasi’. Hanya dengan mengatakan cemburu dapat membuat kita merasa murung dan benci.

Hal ini disebabkan kita lalu membayangkan orang yang memiliki apa yang kita inginkan dan merasa bahwa dia lebih baik dari kita karena dia memilikinya. Sayangnya perasaan seperti ini tidak membantu kita menghasilkan apa yang kita inginkan tetapi hanya membuat kita merasa diri kita tidak berharga.

Sebaliknya, kata terinspirasi atau menginspirasi mempunyai daya motivasi yang lebih kuat. Kita bukannya merasa sedih karena orang tersebut memiliki apa yang tidak kita miliki, tapi justru merasa terdorong untuk mendapatkan apa yang kita inginkan yang didapat orang lain. Kita jadi berpikir, “Kalau dia bisa melukukannya, maka saya juga bisa.“

Lebih bahagia lagi ketika kita kemudian mencoba mengambil satu langkah meskipun hanya merupakan langkah kecil. Dengan begitu kita akan merasa lebih terinspirasi dan kurang merasa iri karena sekarang kita juga sedang berada di jalan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.

0 comments: